Breaking News

Rapat Khusus Terkait Penanaman Perdana Gerakan Tanam Cabe

(Rabu, 27 Desember 2023) Analis Ahli Madya Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB Nana Oktutiana, S.IP., ME menghadiri Rapat khusus terkait penanaman perdana gerakan tanam cabe. Rapat ini dipimpin Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Fathul Gani). Dihadiri juga oleh Deputi BI NTB, Kepala Dinas Ketahanan pangan, Dinas perdagangan, Dinas Pertanian, DLHK, dan Perwakilan Pupuk Indonesia

Pada Rapat tersebut, Biro Perekonomian diminta agar membuat surat edaran kepada seluruh Bupati dan Walikota untuk melaksanakan gerakan tanam cabe dan tancap gas pada 3 hektar lahan cabe di Kab Kota masing masing. Karena seperti yang diketahui bahwa kebutuhan cabe NTB sebesar 30 ribu Ton sedangkan untuk Cabe yang akan dibawa keluar sebesar 40-50 ribu ton.

Selanjutnya, Pj. Gub akan dijadwalkan untuk melaksanakan penanaman cabe pada lahan seluas 2 ha di Punikan dan Stiling. Lahan 2 ha ini nantinya akan di kelola oleh ibu-ibu pkk dan kelompok masyarakat. Dimana, Target penanaman akan dilaksanakan di minggu ke-2 bulan Januari 2024.

BI juga berkomitmen akan membantu dan BI akan fokus pada produktifitas kegiatannya. Karena, pada kegiatan penanaman ini nantinya sekaligus akan dilaksanakan juga pelatihan dan peningkatan kapasitas. Serta, Terkait penyediaan pupuk nantinya akan dilakukan kerja sama dengan perusahaan pupuk.

Untuk Tugas Dinas pertanian, diminta segera melaksanakan :

1. Revitalisasi dan pengolahan lahan Punikan agar bisa segera dapat ditanami. Serta, Libatkan masyarakat sekitar.

2. Pembagian 100 ribu polibag , bibit, tanah,. Dengan sasaran Kota Mataram dan Kota Bima. (Dukungan BI dan PT. pupuk Indonesia)

Selanjutnya pada Tanggal 2 Januari 2024 akan dilaksanakan rapat teknis satgas Cabe. Jam 14. Wita. Di ruang rapat Asisten 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *