zoom meating Kemandagi dlm kegiatan Asistensi penyusunan tarif air minum

Rabu, 25 Mei 2022
Koordinator Analis BUMD & BLUD Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB Ahadi Nohari, M.Si dan Subkoordinator BUMD Air Minum Limbah dan Sanitasi L.Sysmdudin mengikuti zoom meating Kemandagi dlm kegiatan Asistensi penyusunan tarif air minum dg tema”Aksi Nyata menuju air minum dan sanitasi aman” Nara sumber P.Riris Prasetyo (Kemandagi, dan Agus Sunara (Perpamsi) Poko bahasan; Pemda,BUMD dan pelayanan.
Untuk menuju FCR, Apabila tarif blm FCR harusdi subsidi oleh Pemda melalui APBD; Apabila biaya OPS lebih besar dari nilai jual, BUMD harus melakukan perampingan personil tuk efesiensi, Standar Pelayanan Minimal (SPM) harus terpenuhi. Kalau PDAM 3 Thn berturut harus ada keberanian Gubernur untuk melakukan pemberian subsidi ke Kab/Kota apabila tarif di bawah FCR, kebijakan subsidi PD saat evaluasi APBD, Pemprov, hrs mendorong penyertaan modal untuk pemenuhan SPM  Air Minum.
Hal pokok yang diatur dalam Permendagri Nomor 21 Tahun 2021 tentang Pokok Pengaturan Penetapan Tarif BUMD Air Minum, terkait FCR, Reklasifikasi Kelompok Pelanggan dan Penguatan peran Gubernur, Terkait Faktor yang mempengaruhi FCR itu sendiri antara lain Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya yang saling berkaitan satu sama lain . dari 388 BUMD se Indonesia diketahui baru 143 BUMD Air Minum atau 36,86% perusahaan yang telah FCR, Hal menarik yang diungkap dan dipertanyakan peserta adalah terkait  Gubernur mewajibkan pemberian Subsidi dari APBD Kab/Kota apabila Bupati/Walikota menetapkan tarif dibawah pemulihan biaya penuh/FCR, selanjutnya Kebijakan pemberian subsidi dari APBD dilakukan Gubernur pada saat pelaksanaan evaluasi R.APBD Kab/Kota (sesuai Pasdal 29 A dan 😎 Permendagri 21/2020. selanjutnya pemberian subsidi selain bertujuan untuk mendukung pemenuhan urusan pemerintahan  wajib yg berkaitan dengan pelayanan dasar yang menjadi kebutuhan dasar warga negara, dan memenuhi hak rakyat atas tersedianya air minum yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. DUM Tks.
#biroperekonomianntb
#ntbgemilang
#ntbtangguhdanmantap
#banggamelayanibangsa
#berakhlak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *