Selamat Datang di Biro Administrasi Perekonomian Setda Provinsi NTB

image Follow Us:
  • Kunjungan Kerja
  • Cinderamata
  • Jokowi Selfi dgn Pedagang
  • Rakor IPLK
  • Rakor PIPD
  • Rakor PIPD
  • Expo Islamic Banking
  • Expo Islamic Banking
  • Expo Islamic Banking
  • Sapi NTB

Selamat Datang

Kami Berharap Situs Web Biro Adminitrasi Perekonomian dapat memberikan informasi dan berita yang berhubungan dengan Biro Administrasi Perekonomian 

Selengkapnya...

  • Rapat Pansus DPRD Pembahasan tentang permasalahan PT. Bank NTB
  • Seminar Keuangan
  • Kunjungan ke Kemendagri

Press Rilis BPS Kondisi Inflasi Bulan Januari 2017

Berdasarkan hasil pemantauan, perkembangan harga berbagai komoditas secara umum menunjukkan kenaikan. Pada bulan Januari 2017 Nusa Tenggara Barat mengalami inflasi yang cukup tinggi sebesar 1,49%,terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan dengankenaikan indeks pada kelompok Transport, Komunikasi dan Jasa Keuangan sebesar 3,27%, kelompok bahan makanan sebesar 1,86%, kelompok sandang sebesar 1,12%, kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar sebesar 1,08%, kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau sebesar0,93% dan kelompok Kesehatan sebesar 0,74%. Sedangkan penurunan indeks terjadi pada kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olah Raga sebesar 0,14%.

10 (sepuluh) komoditas yang memberikan andil/sumbangan inflasi bulan Januari 2017 adalah kenaikanbiaya perpanjangan STNK, cabai rawit, tarif listrik, rokok kretek filter, sewa rumah, tomat sayur, rokok kretek, beras, tarifpulsa ponsel dan bensin. Selain adanya kenaikan harga pada beberapa komoditas tersebut terdapat pula penurunan harga pada komoditas yang lain sehingga dapat mengerek laju inflasi  pada angka 1,49%. Adapun komoditas yang memberikan sumbangan terjadinya deflasi adalah bawang merah, jeruk, angkutan udara, pisang, jagung manis, ayam hidup, apel, kembung/gembung/banyer/gembolo/aso-aso, pepaya dan cabe merah.

Inflasi di Nusa Tenggara Barat bulan Januari 2017 berada diatas inflasi Nasional, inflasi Nusa Tenggara Barat sebesar 1,49%, lebih tinggi dibandingkan inflasi Nasional sebesar 0,97%. Berikut tabel perbandingan inflasi Kota Mataram, Kota Bima, Gabungan (NTB) dan Nasional bulan Januari 2017.

Bulan

Mataram

Bima

Gabungan NTB

Nasional

Januari 2017

1,51

1,40

1,49

0,97

 

 

 Kabar NTB

Dunia Politik

Wagub NTB ajak jaga keamanan jelang pilkada, Menjelang Pilkada Kabupaten Bima pada Desember mendatang, Wakil Gubernur mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi agar aman dan tertib. Perbedaan pilihan itu biasa. "Perbedaan itu indah sama seperti pelangi.

Selengkapnya...

 
Pariwisata

NTB Terbaik di Bidang Pariwisata

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai provinsi terbaik bidang pariwisata dalam Government Award 2015 yang diselenggarakan oleh Sindo Weekly Magazine. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Adrinof Chaniago didampingi CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo kepada Gubernur NTB, Dr. TGH. M.  Zainul Majdi, pada malam Apresiasi Sindo Weekly Government Award 2015, yang dilaksanakan di Golden Ballroom Sultan Hotel, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (19/3/2015)

Selengkapnya...
 
Ekonomi

Harga Sembako Terkendali

Gubernur  Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. Zainul Majdi bersama Istri Hj. Erica Zainul Majdi didampingi Kadis Perindag NTB Ir. Husni Fahri, MM dan sejumlah SKPD bersama perwakilan dari  Bank Indonesia memantau dari dekat kondisi pasar dan mengecek harga sembako ke Pasar Kebon Ruek Ampenan Kota Mataram, Senin  (06/07/2015). Selengkapnya...