Selamat Datang di Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB

image Follow Us:

Akses yang lebih luas terhadap layanan keuangan merupakan hal penting dalam upaya peningkatan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam perekonomian. Pertumbuhan sektor keuangan di Indonesia dan di Nusa Tenggara Barat khususnya sampai saat ini belum diikuti oleh akses masyarakat yang memadai kepada layanan keuangan.

Dalam rangka memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan tersebut, pada tanggal 1 September 2016 telah dikeluarkan Peraturan Presiden RI (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

 

 

 

 

 

Hal ini sejalan dengan tujuan pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), dimana TPAKD Provinsi NTB telah resmi dikukuhkan oleh Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat pada tanggal 25 Juli 2016. Kedua hal tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah, baik di Pusat dan di Daerah, dalam upaya meningkatkan akses keuangan masyarakat di daerah melalui sinergi antar stakholders.

 

 

 

 

 

 

Narasumber seminar Ketua OJK, Ketua Kadin dan Akademisi Unram

 

Menindaklanjuti upaya percepatan akses keuangan melalui Program SNKI dan TPAKD, Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Prov. Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB mengadakan acara Gerakan Inklusi Keuangan (GERAIKU) tanggal 23 s/d 24 Oktober 2016 dan Seminar Keuangan dengan mengusung tema “ Peran Industri Jasa Keuangan dalam Meningkatkan Pembangunan dan Perekonomian di Nusa Tenggara Barat” pada hari Senin tanggal 24 Oktober  2016 bertempat di Atrium Lombok Epicentrum Mall Jln. Sriwijaya No. 333 Mataram yang diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari unsur Lembaga Keuangan Bank, Lembaga Keuangan Non Bank, Akademisi, Kadin dan Instansi/SKPD terkait.

 

 

 

Peserta Seminar